
VISI
Terbentuknya generasi yang berakhlak mulia, cerdas, kreatif, dan mandiri.
MISI
- Menanamkan karakter dasar Islami dengan membiasakan praktek ajaran Islami sesuai perkembangan usia anak.
- Menanamkan dasar-dasar aqidah Islamiyah yang bersih
- Menanamkan pembiasaan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari
- Menciptakan kondisi bermain yang edukatif, kondusif dan konstruktif.
- Membekali anak dengan persiapan memasuki jenjang pendidikan dasar.
- Menanamkan semangat menuntut ilmu
- Pembiasaan peduli kepada lingkungan dan memupuk kemandirian
TUJUAN
- Membentuk anak yang kreatif, inovatif dan berkembang optimal
- Mendekatkan buah hati kita kepada Al-Qur’an dan Sunnah
- Menciptakan kondisi bermain yang edukatif, kondusif, dan konstruktif
- Membiasakan anak bermain dan belajar dalam suasana yang Islami
- Menyiapkan tempat bermain yang terarah
- Menyiapkan anak memasuki jenjang pendidikan dasar
KURIKULUM
Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Diknas yang dipadukan dengan muatan lokal yang menjadi ciri khas KB-TKIT Insan Utama.
SISTEM PENDIDIKAN
Pendekatan proses belajar dilakukan dengan fokus anak sebagai subyek. Sehingga anak dirangsang untuk menjadi pembelajar bukan sekadar obyek transfer ilmu pengetahuan. Dengan demikian anak-anak diajarkan bagaimana (cara/proses) belajar. Kegiatan belajar mengajar di KB-TKIT Insan Utama meggunakan metode sentra yaitu suatu metode pembelajaran active learning yang terpusat pada satu kegiatan dan dipandu oleh seorang guru.
PROGRAM KELAS
- Kelompok Bermain ( 3-4 tahun)
- Taman Kanak-kanak (4-6 tahun)
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
- Senin-Kamis, Jam 08.00-11.00 WIB
- Jum’at, Jam 08.00-11.00 WIB
PROGRAM KESISWAAN
Untuk mencapai target-target pembelajaran yang telah ditetapkan, selain melaksanakan pembelajaran di kelas sekolah juga melaksanakan program pembelajaran luar kelas meliputi:
- Outbound
- Manasik Haji
- Kunjungan Edukatif
- Field Trip
- Assembly
- Lomba
- PHBI
KARAKTERISTIK UNGGULAN
KB-TKIT Insan Utama memiliki karakteristik unggulan yang membedakan dengan sekolah lainnya, meliputi:
- Pembentukan aqidah dan akhlak Islami sejak dini
- Integrasi kurikulum nasional dengan nilai-nilai keislaman
- Pendidikan karakter SMART (Sholeh, Muslih, Cerdas, Mandiri, Terampil)
- Model Pembelajaran Sentra (moving class)
- Learning Resources Center (multimedia, komputer, perpustakaan), untuk pengembangan tahap selanjutnya
- Program Edukatif (Field Trip, Assembly, lomba, outbound, pentas seni)