Profil TK Islam Terpadu Insan Utama

PENDAHULUAN

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih istiqomah menyiapkan generasi Islam yang kuat, hebat dan pemberani. Shalawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Anak usia dini (0 - 6 tahun) merupakan masa keemasan (golden age) sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidupan manusia, yang akan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Masa ini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta nilai-nilai agama), bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan, dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Sehingga upaya pengembangan seluruh potensi anak usia dini harus dimulai, agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal.

Hal ini sesuai dengan hak anak, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang menyatakan bahwa setiap anak berhak untuk hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Salah satu implementasi dari hak ini, setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya. Layanan pendidikan bagi anak usia dini merupakan bagian dari pencapaian tujuan pendidikan nasional, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembang-kan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan ruhani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Mendesaknya kebutuhan akan pendidikan anak usia dini juga dipicu oleh hasil penelitian terbaru bahwa perkembangan intelektual sangat pesat terjadi pada tahun-tahun awal. Pada usia 0-4 tahun seorang anak sudah terbentuk 50 % intelegensinya, usia 5-8 tahun terbentuk 30 % intelegensi, dan pada usia pertengah akhir dasa warsa kedua terbentuk 20 % intelegensi. Pentingnya layanan pendidikan anak usia dini juga telah diakui petinggi pendidikan sedunia. Terbukti dalam pertemuan menteri-menteri pendidikan sedunia tahun 2000 di Dakkar bahwa pendidikan anak usia dini telah disepakati untuk diangkat sebagai salah satu program prioritas oleh setiap negara. Pada puncak acara Peringatan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2003 Presiden Republik Indonesia telah mencanangkan pelaksanaan pendidikan anak usia dini di seluruh Indonesia.

Dengan latar belakang tersebut, kami bermaksud menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (KB-TKIT) Insan Utama sebagai wahana pembinaan kesejahteraan anak dan pelayanan pendidikan kepada anak di usia dini. KB-TKIT Insan Utama ini diselenggarakan dengan kondisi, bentuk tata cara yang fleksibel sesuai dengan kondisi lingkungan serta kemampuan sosial ekonomi masyarakat. Penyelenggaraan program KB-TKIT Insan Utama menempati gedung sementara yang masih berstatus sewa-pinjam.

TKIT Insan Utama Kepulauan Anambas

Alamat : Jl. Tanjung Momong, Tarempa Timur, Siantan, Kab. Kepulauan Anambas

Telp : 082111147494, 085278395103

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Website : http://insanutama.sch.id

Main Menu