Visi Misi TKIT Insan Utama

Profil TK Islam Terpadu Insan Utama

PENDAHULUAN

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih istiqomah menyiapkan generasi Islam yang kuat, hebat dan pemberani. Shalawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Anak usia dini (0 - 6 tahun) merupakan masa keemasan (golden age) sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidupan manusia, yang akan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Masa ini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta nilai-nilai agama), bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan, dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Sehingga upaya pengembangan seluruh potensi anak usia dini harus dimulai, agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal.

Hal ini sesuai dengan hak anak, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang menyatakan bahwa setiap anak berhak untuk hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Salah satu implementasi dari hak ini, setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya. Layanan pendidikan bagi anak usia dini merupakan bagian dari pencapaian tujuan pendidikan nasional, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembang-kan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan ruhani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Mendesaknya kebutuhan akan pendidikan anak usia dini juga dipicu oleh hasil penelitian terbaru bahwa perkembangan intelektual sangat pesat terjadi pada tahun-tahun awal. Pada usia 0-4 tahun seorang anak sudah terbentuk 50 % intelegensinya, usia 5-8 tahun terbentuk 30 % intelegensi, dan pada usia pertengah akhir dasa warsa kedua terbentuk 20 % intelegensi. Pentingnya layanan pendidikan anak usia dini juga telah diakui petinggi pendidikan sedunia. Terbukti dalam pertemuan menteri-menteri pendidikan sedunia tahun 2000 di Dakkar bahwa pendidikan anak usia dini telah disepakati untuk diangkat sebagai salah satu program prioritas oleh setiap negara. Pada puncak acara Peringatan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2003 Presiden Republik Indonesia telah mencanangkan pelaksanaan pendidikan anak usia dini di seluruh Indonesia.

Dengan latar belakang tersebut, kami bermaksud menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (KB-TKIT) Insan Utama sebagai wahana pembinaan kesejahteraan anak dan pelayanan pendidikan kepada anak di usia dini. KB-TKIT Insan Utama ini diselenggarakan dengan kondisi, bentuk tata cara yang fleksibel sesuai dengan kondisi lingkungan serta kemampuan sosial ekonomi masyarakat. Penyelenggaraan program KB-TKIT Insan Utama menempati gedung sementara yang masih berstatus sewa-pinjam.


TENTANG YAYASAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA INSANI  KEPULAUAN ANAMBAS

Yayasan Pengembangan Sumberdaya Insani Kepulauan Anambas adalah sebuah lembaga yang berdedikasi pada pembinaan generasi muda dan masyarakat umum dalam upaya mempercepat terwujudnya masyarakat Kepulauan Anambas yang berakhlak mulia.  Lembaga ini menjadi mitra bagi pemuda, pelajar dan masyarakat dalam mengembangkan dirinya, baik dalam hal wawasan moral, intelektual, kemampuan maupun kepribadiannya.  Lembaga ini menjadi wadah berkumpulnya para pemuda, pelajar, dan masyarakat untuk bertukar informasi, pikiran dan gagasan berkenaan dengan perbaikan moral generasi muda di Kepulauan Anambas.  Lembaga ini juga selalu siap menjadi mitra dari lembaga-lembaga lain yang memiliki kesamaan visi dan misi.

YPSI Kepulauan Anambas didirikan di Tarempa, Kepulauan Anambas pada tanggal 10 Oktober 2010, awal berdirinya YPSI Kepulauan Anambas melalui forum-forum diskusi yang secara intesif dilakukan setiap pekannya, secara legal formal YPSI terdaftar di Notaris pada Tanggal 31 Maret 2011. YPSI didirikan oleh mantan aktifis mahasiswa dari berbagai latar kampus di Indonesia yang saat ini berdomisili di Kepulauan Anambas, selain para mantan aktifis mahasiswa, para profesional, pendidik, pelajar juga bergabung dalam Yayasan ini.  Lembaga ini merupakan lembaga yang bekerja diatas prinsip non profit dan non partisan.

YPSI Kepulauan Anambas yang baru berumur kurang lebih enam tahun mencoba memberikan sumbangsihnya dalam pembinaan pemuda dan masyarakat guna mewujudkan pelajar, pemuda, dan masyarakat yang berkualitas baik secara moral dan intelektual. Usia enam tahun belumlah signifikan untuk disebut sebagai lembaga yang mapan dan professional. Upaya yang sungguh-sungguh sangat diperlukan untuk mencapai hal tersebut.

STRUKTUR KEPENGURUSAN

Susunan kepengurusan Yayasan Pengembangan Sumberdaya Insani Kepulauan Anambas, adalah sebagai berikut :
Pembina
Ketua        : Anang Analadi, B.Sc
Anggota    : Mohammad Syamsu Rahman, SE

Pengawas    
Ketua        : Deni Rakhman, SS,.M.Pd
Anggota    : Yudhistira Andi Nugraha, S.Pd.I
            : Merzawati, S.Pi

Pengurus
Ketua         : Ricci Arisandi, SE.,M.Si
Sekretaris    : M. Khadafi, SE
Bendahara    : Eni Prihatini, S.Pd


KELOMPOK BERMAIN DAN TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (KB-TKIT) INSAN UTAMA

1.    VISI

Terbentuknya generasi yang berakhlak mulia, cerdas, kreatif, dan mandiri.

2.    MISI

a.    Menanamkan karakter dasar Islami dengan membiasakan praktek ajaran Islami sesuai perkembangan usia anak.
b.    Menanamkan dasar-dasar aqidah Islamiyah yang bersih
c.    Menanamkan pembiasaan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari
d.    Menciptakan kondisi bermain yang edukatif, kondusif dan konstruktif.
e.    Membekali anak dengan persiapan memasuki jenjang pendidikan dasar.
f.    Menanamkan semangat menuntut ilmu
g.    Pembiasaan peduli kepada lingkungan dan memupuk kemandirian

3.    TUJUAN

a.    Membentuk anak yang kreatif, inovatif dan berkembang optimal
b.    Mendekatkan buah hati kita kepada Al Qur’an dan Sunnah
c.    Menciptakan kondisi bermain yang edukatif, kondusif, dan konstruktif
d.    Membiasakan anak bermain dan belajar dalam suasana yang islami
e.    Menyiapkan tempat bermain yang terarah
f.    Menyiapkan anak memasuki jenjang pendidikan dasar

4.    KURIKULUM

Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Diknas yang dipadukan dengan muatan lokal yang menjadi ciri khas KB-TKIT Insan Utama.

5.    SISTEM PENDIDIKAN

Pendekatan proses belajar dilakukan dengan fokus anak sebagai subyek. Sehingga anak dirangsang untuk menjadi pembelajar bukan sekadar obyek transfer ilmu pengetahuan. Dengan demikian anak-anak diajarkan bagaimana (cara/proses) belajar. Kegiatan belajar mengajar di KB-TKIT Insan Utama meggunakan metode sentra yaitu suatu metode pembelajaran active learning yang terpusat pada satu kegiatan dan dipandu oleh seorang guru.

6.    PROGRAM KELAS

a.    Kelompok Bermain ( 3-4 tahun)
b.    Taman Kanak-kanak (4-6 tahun)

7.    KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

a.    Senin-Kamis, Jam 08.00-11.00 WIB
b.    Jum’at,  Jam 08.00-11.00 WIB

8.    PROGRAM KESISWAAN

Untuk mencapai target-target pembelajaran yang telah ditetapkan, selain melaksanakan pembelajaran di kelas sekolah juga melaksanakan program pembelajaran luar kelas meliputi:
a.    Outbound
b.    Manasik Haji
c.    Kunjungan Edukatif
d.    Field Trip
e.    Assembly
f.    Lomba
g.    PHBI

9.    KARAKTERISTIK UNGGULAN

KB-TKIT Insan Utama memiliki karakteristik unggulan yang membedakan dengan sekolah lainnya, meliputi:
a.    Pembentukan aqidah dan akhlak Islami sejak dini
b.    Integrasi kurikulum nasional dengan nilai-nilai keislaman
c.    Pendidikan karakter SMART (Sholeh, Muslih, Cerdas, Mandiri, Terampil)
d.    Model Pembelajaran Sentra (moving class)
e.    Learning Resources Center (multimedia, komputer, perpustakaan), untuk pengembangan tahap selanjutnya
f.    Program Edukatif (Field Trip, Assembly, lomba, outbound, pentas seni.

10.    TIM PENGEMBANGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU – INSAN UTAMA (KELOMPOK BERMAIN DAN TAMAN-TAMAN KANAK)

Ketua            : Ricci Arisandi, SE.,M.Si.
Sekretaris       : Wahyu Priyanti, S.Pd,.M.Pd
Bendahara      : Astri Rahmayani

Bidang Pendidikan
Koordinator  : Emi Sielvi Susiati, S.Pd
Anggota      : Nency Apiyanti, S.Pd.I
                 : Ermi Lisa, S.Pd
                 : Muhammad Daut, S.Si
                 : Rigo Setiawan, S.Pd

Bidang Sarana dan Prasarana
Koordinator : Joko Pramono, S.Pi
Anggota     : Arif Rahman, S.Pd.I
                : Mukhtar Hakim, SE
                : Hendri Irawan, S.Pd.I

Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia
Koordinator  : Esthiana Wulandari, S.Pd
Anggota      : Deni Rakhman, SS.,M.Pd
                  : As’ad Purwono, S.Pd.I

Bidang Dana Usaha
Koordinator    : Agung Pratama Putra, S.Si
Anggota        : Merzawati, S.Pi

Bidang Publikasi dan Hubungan Masyarakat
Koordinator    : Muhirin, S.Pd
Anggota        : Wahyu Nurdiasih, S.Sos

11.    ALAMAT SEKOLAH

KB-TKIT Insan Utama akan menempati gedung baru di Jalan Tanjung Momong, Tarempa Timur, Siantan yang merupakan Gedung Lama SMA Negeri 1 Siantan.
Telepon : 082111147494, Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

TKIT Insan Utama Kepulauan Anambas

Alamat : Jl. Tanjung Momong, Tarempa Timur, Siantan, Kab. Kepulauan Anambas

Telp : 082111147494, 085278395103

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Website : http://insanutama.sch.id

Main Menu